Articles

Mahasiswa FKIP Biologi Gelar Aksi Damai Peringatan Hari Bumi

Print
Category: Berita
Published Date Written by admin

Himpunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember gelar aksi damai. Aksi yang diikuti oleh 250 mahasiswa ini dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day) 2014. Peringatan Hari Bumi 2014 diawali dengan kirab mengelilingi seluruh fakultas dengan mengambil sampah-sampah yang berserakan serta mengkampanyekan gerakan peduli lingkunngan.

“Hari ini merupakan momen yang tepat untuk mulai mengawali gerakan peduli lingkungan. Karena kita semua memiliki tanggung jawab moral atas kerusakan lingkungan yang terjadi” ujar Ardiannya selaku koordinator lapangan aksi, Selasa (22/04).

Dia mengatakan, masyarakat harus mulai sadar bahwa peduli terhadap lingkungan tidak harus menunggu hari bumi. Banyak yang bisa dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Menurutnya, gerakan peduli lingkungan bisa kita mulai dari diri sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam orasinya yang dilakukan di depan Gedung Rektorat Universitas Jember, mereka menuntut agar pihak rektorat mulai membenahi manejemen pengelolaan sampah. Ardiansyah menuturkan, perlu disediakan tempat sampah dalam tiga kategori, sampah organik, anorganik, dan sampah bernilai ekonomis disepanjang jalan trotoar yang ada di Universitas Jember.

“Unej perlu menyediakan 3 macam tempat sampah agar memudahkan masyarakat untuk membuang sampah sehingga tidak ada sampah yang berserakan di lingkungan Universitas Jember,” tuturnya. Dalam kirabnya mereka juga membawa kain putih panjang untuk mengumpulkan tanda tangan sebanyak-banyaknya sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan peduli lingkungan yang digagas oleh Himpunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi ini.

Sementara itu pihak rektorat yang dalam hal ini diwakili oleh Pembantu Rektor III Prof. Dr. H.M Saleh, MSc mengatakan, akan mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang memmiliki nilai positif termasuk gerakan peduli lingkungan. Dia mengatakan, Universitas Jember saat ini sedang melakukan penataan untuk menuju kampus yang bersih dan hijau.

“Kedepan kami menginginkan Unej tidak hanya menjadi kampus yang hijau namun juga menjadi kampus yang bersih dan asri,” ujar Prof. Saleh. Dia berharap agar para mahasiswa mampu memberikan kontribusi positif dalam rangka turut melestarikan lingkungan.

Diahir sambutannya Prof. Saleh langsung membubuhkan tanda tangannya pada kain putih yang dibawa para mahasiswa sebagai wujud dukungan pihak Universitas Jember terhadap gerakan peduli lingkungan. Para mahasiswa juga memberikan bibit tanaman secara simbolis kepada PR III untuk ditanam di lingkuanga Universitas Jember sebagai bentuk aksi nyata. (Mj)

 

Monday the 22nd.